Beranda Pemerintahan

Bupati Sumbawa Percaya Guru Figur Sentral Dalam Mencerdaskan Anak Bangsa

70
0

Sumbawa besar, Gema-news.com – Bupati Sumbawa, Drs. H. Mahmud Abdullah bertindak sebagai Inspektur pada Upacara Peringatan Hari Guru Nasional dan Hari Ulang Tahun Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Ke-77, yang dirangkaikan juga dengan Hari Ulang Tahun Korps Pegawai Republik Indonesia (KORPRI) Ke-51 Tahun 2022, Senin pagi. Dalam sambutannya dihadapan para guru, Bupati menyatakan, bahwa visi pemerintahan H. Mo – Novi dalam membangun daerah adalah mewujudkan Sumbawa Gemilang yang Berkeadaban. Misi utamanya adalah mewujudkan Sumbawa yang sehat dan cerdas, yang aktor utamanya adalah guru, karena guru merupakan figur sentral dalam mencerdaskan anak bangsa, tegasnya.

Saat ini, ungkap Bupati, jumlah guru di Kabupaten Sumbawa sebanyak 8.066 orang, yang mendidik sebanyak 84.842 orang siswa, dan tersebar di seluruh jenjang pendidikan mulai dari PAUD/TK, Sekolah Dasar dan SMP. Kami menyadari bahwa selama ini bapak dan ibu guru telah memberikan bhakti dan pengabdian terbaiknya, bahkan melampaui dari ekspektasi negara dan harapan pemerintah, sebutnya.

Menurutnya, untuk tahun ini ada sekitar 1.549 GTT Kabupaten Sumbawa yang lulus dalam seleksi Tahap I atau seleksi administrasi, menjadi PPPK. Pemerintah daerah akan terus berikhtiar agar serapan GTT di penerimaan PPPK semakin banyak, karena kebutuhan daerah terhadap tenaga guru sangat mendesak, sebut Bupati.

Bupati menyadari, masih banyak tugas berat terkait ikhtiar mewujudkan pendidikan berkualitas di Kabupaten Sumbawa, baik dari sisi sarana prasarana sekolah yang masih belum memadai, jumlah dan kualitas guru yang masih perlu ditingkatkan, tingkat partisipasi masyarakat  yang masih relatif rendah, infrastruktur penunjang (jalan) ke sekolah yang masih belum memadai, hingga tingkat kesejahteraan khususnya bagi guru-guru honorer yang masih cukup memprihatinkan.

Karena itu, jelasnya, dari 10 program unggulan daerah yang diikhtiarkan bersama Wakil Bupati Sumbawa, yang pertama adalah perhatian terhadap nasib GTT. Alhamdulillah di tahun 2022 ini, sudah diterbitkan peraturan Bupati Sumbawa dan SK Insentif kepada 2.985 GTT, yang mana saat ini sedang dalam proses pembayaran, ujarnya.

Dikesempatan sejuk dibawah guyuran hujan ini, Bupati juga mengingatkan kepada para guru agar tetap konsisten dan istiqomah memegang teguh nilai-nilai luhur, yang membuat profesi guru begitu mulia. Pegang teguh nilai integritas, profesionalitas dan keteladanan, sehingga tetap menjadi panutan bagi para siswa, orang tua murid, bahkan masyarakat di lingkungan sekitar kita, tambahnya.

Bupati juga menyampaikan selamat ulang tahun ke 51 kepada seluruh anggota KORPRI dimanapun berada. Sebagai sebuah korps profesi, tegasnya, KORPRI harus mampu mewujudkan jiwa korps aparatur sipil negara yang menjadi perekat dan pemersatu bangsa. Gen sebagai pelayan masyarakat harus ditanamkan kuat-kuat dalam hati sanubari, dan harus pula diwujudkan menjadi pelaku yang melayani secara professional, imbuhnya.

Upacara yang berlangsung khitmat di Halaman Kantor Bupati Sumbawa ini, dirangkaikan pula pelepasan 25 orang pegawai negeri sipil yang telah mencapai usia pensiun, sekaligus penyerahan tabungan hari tua oleh Bupati Sumbawa. Selain itu, diserahkan pula hadiah kepada para juara berbagai macam lomba dalam rangka HUT PGRI dan Hari Guru Tahun 2022. (GM*)

Artikulli paraprakWabup Sumbawa Bersyukur Perbaikan Arus Jalan Diponegoro Berakhir Kondusif
Artikulli tjetërWabup Sumbawa Lakukan Bhakti Sosial di Momentum HUT PGRI

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini