Beranda Berita Lokal

BNPB RI Serahkan Bantuan Kebencanaan Untuk Korban Banjir Sumbawa

72
0

Sumbawa Besar, Gemanews.com – Badan Nasional Penanggulan Bencana Daerah (BNPB) RI memberikan bantuan tanggap darurat untuk penanganan pasca bencana banjir di Kabupaten Sumbawa. Bantuan kebencanaan tersebut terdiri dari bantuan logistik, bantuan operasional, bantuan posko dan bantuan lainnya seperti selimut, matras, dan lain-lain.
Penyerahan bantuan diwakili Penata Penanggulangan Bencana Ahli Madya Direktorat Dukungan Infrastruktur Darurat BNPB, Rudy Supriadi dan diterima langsung oleh Bupati Sumbawa, H. Mahmud Abdullah pada Selasa (11/4/23) di Kantor Bupati Sumbawa.
Haji Mo – akrab Bupati Sumbawa disapa menyampaikan, rasa terimakasihnya atas bantuan yang diberikan BNPB RI untuk masyarakat terdampak banjir yang terjadi di Sumbawa.
“Saya atas nama Pemerintah Kabupaten Sumbawa mewakili seluruh lapisan masyarakat Sumbawa mengucapkan terimakasih sebesar-besarnya kepada Kepala BNPB RI,” ujarnya.
Selain itu, Bupati juga langsung menginstruksikan dinas terkait agar segera menyalurkan bantuan tersebut kepada seluruh masyarakat yang terdampak, untuk dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya.
“Bantuan ini segera akan kami salurkan kepada masyarakat yang terdampak, tentunya sesuai prosedur tutupnya,” jelasnya.
Disebutkan, banjir yang melanda Kabupaten Sumbawa berdampak pada 35.822 jiwa dari 8.956 KK. Selain itu, mengakibatkan 25 rumah hanyut, 791 ternak mati dan hilang, serta merendam 831 hektar area persawahan. Termasuk merusak sejumlah fasilitas infrastruktur seperti jembatan, jalan penghubung, penahan tebing, jaringan air bersih, cek dam, dan saluran irigasi.
Sementara Penata Penanggulangan Bencana Ahli Madya Direktorat Dukungan Infrastruktur Darurat BNPB, Rudy Supriadi mengatakan, pihaknya diperintahkan Pimpinan Pusat BNPB RI untuk turun langsung ke Kabupaten Sumbawa. Yakni dalam hal melakukan pendampingan penanggulangan kebencanaan.
Dalam kesempatannya, Rudi sekaligus menyerahkan bantuan berupa selimut 5.000 lembar, matras 5.000 lembar, dan jenset sebanyak 10 unit.
“Semoga bantuan ini segera bisa membantu saudara-saudara kita yang terdampak banjir bandang,” pungkasnya. (GM)

Artikulli paraprakTiga Lab Puskeswan Dibangun Tahun Ini
Artikulli tjetërDisos Sumbawa Kerahkan Pendamping PKH Dampingi Penyaluran Bantuan Pangan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini