Beranda Berita Lokal

38 Guru Inspiratif di Sumbawa Terima Penghargaan

91
0

Sumbawa Besar, Gemanews.com – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Sumbawa menggelar Malam Penganugerahan Pendidikan Award Guru Inspirasi Tahun 2023, pada Kamis (4/5) malam di Halaman Kantor Bupati Sumbawa.

Dalam kegiatan yang dibuka Bupati Sumbawa ini, sebanyak 38 orang Guru Inspiratif, baik ASN dan non ASN diberikan penghargaan. Termasuk  bagi 15 orang siswa juara Batuter tingkat TK, SD dan SMP, serta 10 orang peraih Best Practise P5 dan 5 orang juara Media Pembelajaran menggunakan Aplikasi Canva.

Bupati Sumbawa, H. Mahmud Abdullah menyampaikan, pendidikan merupakan hal yang terpenting dalam kehidupan. Setiap anak berhak untuk mendapatkan pendidikan yang layak, berhak mendapatkan kemerdekaan belajar, dan berhak atas kemudahan akses dalam pembelajaran.

“Pendidikan merupakan pintu gerbang utama kita dalam melihat dan menyikapi keadaan dunia. Meski kita ketahui bahwa pendidikan yang pertama dan utama lahir dari pendidikan di lingkungan keluarga yang merupakan pondasi pendidikan karakter,” ujar Bupati dalam sambutannya.

Menurutnya, Dinas Dikbud memiliki peran strategis dalam meningkatkan kualitas dan mutu pendidikan di Kabupaten Sumbawa. Sebab anak-anak yang berkarakter, berahlak mulia dan berjiwa pancasila lahir dari guru- guru yang cerdas dan berkarakter.

“Kami mengapresiasi atas digelarnya Malam Penganugerahan Pendidikan Award untuk pertama kalinya. Kegiatan ini diharapkan bukan hanya sekedar seremonial, namun harus menjadi momentum bagi para guru dan semua warga sekolah, termasuk pengawas dan penilik sekolah untuk meningkatkan mutu pendidikan di Kabupaten Sumbawa,” jelasnya.

Bupati menegaskan, diperlukan koordinasi bersama perangkat daerah lingkup Pemerintah Kabupaten Sumbawa, pemerintah desa dan masyarakat untuk mensinergikan program dan kegiatan perangkat daerah dalam mendukung pembangunan Kabupaten Sumbawa yang berkelanjutan.

Sebelumnya, dalam Kadis Dikbud Sumbawa, Dr. M. Ikhsan Safitri M.Sc mengatakan bahwa malam penganugerahan ini sebagai bentuk apresiasi kepada guru inspiratif, maupun ribuan guru lainnya yang tersebar dari Alas Barat hingga Tarano.

Selain memberikan penghargaan kepada para guru inspiratif, lanjut Doktor Ikhsan, apresiasi malam penganugerahan juga diberikan kepada para siswa berprestasi dalam lomba Batuter. Lomba ini digelar untuk menjaga agar Bahasa Sumbawa tidak punah.

“Upaya kami menggelar malam penganugerahan ini untuk melaksanakan misi pemerintahan Mo—Novi yakni Sehat dan Cerdas. Semua guru tetap istiqomah menjalankan misi ini untuk mewujudkan Sumbawa gemilang yang berkeadaban,” pungkasnya. (GM)

Artikulli paraprakSumbawa Raih Prestasi dalam PPD Tingkat Provinsi NTB
Artikulli tjetërGalaxy Note 5 SM-N970F Binary 1 Firmware Stock ROM

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini