Beranda Pemerintahan

Pertumbuhan UMKM di Kabupaten Sumbawa Meningkat Signifikan

55
0

Sumbawa Besar, Gema-news.com – Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah Perindustrian dan Perdagangan (UMKM Perindag) Kabupaten Sumbawa mencatat pertumbuhan UMKM di Sumbawa saat ini jauh meningkat. Peningkatan ini berawal dari adanya perhelatan MXGP Samota pada 2022 lalu.

“Pengaruhnya dari segi jumlah kerasa sekali ada penambahan, di forum UMKM lebih dari 300 yang berpartisipasi, sebelumnya tidak punya forum. Di situ saja kita lihat penambahan yang signifikan,” ungkap Kadis UMKM Perindag Kabupaten Sumbawa, Dedy Heriwibowo kepada wartawan, Selasa (16/5/23) di ruang kerjanya.

Disebutkannya, di dalam forum yang aktif dalam mengikuti event ini sekitar 363 UMKM. Namun sebenarnya, UMKM yang didata oleh dinas jauh lebih banyak sekitar 20 ribu UMKM.

Sementara, jika melihat pertumbuhan UMKM secara kualitatif, secara kualitas juga sangat meningkat. Ini  terlihat dari mereka yang semakin aktif mengorganisir diri dan aktif saat event-event yang diselenggarakan oleh Pemkab Sumbawa.

“Kemudian yang paliang terlihat juga mereka itu, kalau ada event mereka bisa swadaya. Kita dorong ke swadaya mereka. Nah secara kualitas pengaruh dari MXGP itu, setelah ada samota Sunday Morning sangat terasa bagi mereka. Alhamdulillah kami memfasilitasi mereka dalam forum UMKM Kabupaten Sumbawa. Setiap event yang diselenggarakan, mereka aktif berpartisipasi termasuk di kegaiatan pra MXGP,” ungkap Kadis.

Ke depan pihaknya menginginkan UMKM yang ada di Kabupaten Sumbawa dapat naik kelas. Baik dari segi produk yang dihasilkan, maupun standarisasi hingga pengaturan manajemen oleh para pelaku UMKM tersebut.

“Harapan kami ke depan UMKM yang ada dapat naik kelas, artinya ini menjadi tagline dan menjadi program pemerintah agar UMKM kita naik kelas. Artinya UMKM mereka meningkat, usahanya menigkat, omsetnya meningkat dan keuntungannya meningkat,” pungkasnya. (GM)

Artikulli paraprakSekda: Horse Racing Festival 2023 Lestarikan Budaya Sumbawa
Artikulli tjetërSumbawa Siapkan Destinasi Wisata yang Bisa Dikunjungi saat Event MXGP Samota

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini