Beranda Pemerintahan

Tekan Inflasi Daerah, Kabupaten Sumbawa Laksanakan Gerakan Pangan Murah

75
0

Sumbawa Besar, Gema-news.com – Pemkab Sumbawa menggelar kegiatan Gebyar Pangan Murah, yang dipusatkan di Taman Mangga, Senin (26/6) pagi. Kegiatan ini dilakukan, untuk menekan inflasi di daerah.

Bupati Sumbawa, H. Mahmud Abdullah mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan serentak secara nasional. Tujuannya, untuk mencegah terjadinya inflasi di daerah. Karena diketahui, menjelang hari besar keagamaan sering terjadi kenaikan harga dan menyebabkan inflasi.

“Apalagi saat ini menjelang hari raya, biasanya ada kecenderungan terjadi inflasi karena kenaikan harga barang,” ujar bupati.

Diterangkannya, melalui kegiatan ini pihaknya mencoba menekan harga barang. Sehingga, tidak terjadi inflasi di daerah. Serta menjaga harga barang tetap stabil dalam jangkauan masyarakat.

Sementara Kepala Dinas Pangan Kabupaten Sumbawa, Irin Wahyu Indarti mengatakan, dalam kegiatan ini pihaknya melibatkan berbagai pihak. Seperti Bulog, distributor, gabungan kelompok tani, lumbung pangan dan retail moderen.

“Kegiatan ini akan kembali kami lakukan seusai Idul Adha,” terang Irin.

Diungkapkan, dalam kegiatan ini pihaknya menggerakkan para pelaku UMKM untuk menjual produknya dengan harga yang lebih murah. Dimana, barang yang dijual dengan harga pokoknya saja. Tidak termasuk biaya distribusi dan biaya lainnya. Sehingga harganya relatif lebih murah.

Selain itu, pihaknya juga akan bekerjasama dengan Dinas Koperasi UKM Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Sumbawa, untuk kembali menggelar kegiatan serupa di sejumlah kecamatan. Seperti di Kecamatan Lunyuk dan Labangka. Karena harga barang di lokasi tersebut cukup tinggi. Dimana kenaikan harga ini disebabkan oleh biaya transportasi akibat lokasi yang cukup jauh dan susah diakses. (GM)

Artikulli paraprakBupati Dukung Peran Masjid Majukan Masyarakat di Era Digital
Artikulli tjetërAyo Ramaikan, Desa Labuhan Ijuk Bakal Gelar Lomba Balap Sampan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini