Beranda Berita Lokal

BPBD Sumbawa Tangani Wilayah Terdampak Kekeringan

47
0

Sumbawa Besar, Gema-news.com – Kepala BPBD Sumbawa M. Nur Hidayat mengatakan, sebanyak 17 Kecamatan di Kabupaten Sumbawa rawan kekeringan. Terutama di wilayah pegunungan dan pesisir.

“Sudah mulai masuk kekeringan di Kabupaten Sumbawa, ada 17 Kacematan yang rawan,” ungkapnya kepada wartawan, Selasa (25/7/23).

Disebutkan, 17 kecamatan dimaksud yakni, Alas, Buer, Utan, Moyo Utara, Unter Iwes, Alas Barat, Lape, Moyo Hulu, Empang, Plampang, Lopok, Tarano, Moyo Hilir, Maronge, Batulanteh, Rhee, dan Labuhan Badas.

“Untuk wilayah Kecamatan Lape sangat besar kekeringannya, paling parah setelah kami turun lapangan,” ungkapnya.

Terhadap persoalan ini, pihaknya melakukan pendistribusian air bersih kepada masyarakat sebagai upaya penanganan jangka pendek.

“Upaya kami dalam jangka pendek harus membagi air bersih. Kondisi pendistribusian ini, saya punya dua truk tengki. Mana yang membutuhkan langsung kita antar ke desanya. Tapi untuk wilayah jauh, kita mencari sumber air terdekat,” jelasnya.

Sementara untuk penanganan jangka panjang, pihaknya bersama PUPR dan BWS sedang mencari sumber mata air melalui sumur bor atau gravitasi. Jika telah ditemukan titiknya, maka akan diupayakan pendanaannya.

Untuk sementara, pihaknya masih melalukan pendistribusian air bersih kepada masyarakat yang membutuhkan. Sambil berharap, adanya hujan dengan instensitas tinggi dan masuk ke penampungan air, terutama di wilayah bendungan.

“Mudahan ada hujan yang besar sehingga bisa masuk ke penampungan air di desa-desa. Itu akan lari ke mata air masyarakat, terutama di wilayah bendungan,” pungkasnya. (GM)

Artikulli paraprakJasa Raharja dan KNPI Berkomitmen Menjaga Bonus Demografi Tahun 2030 dengan Menekan Angka Kecelakaan Lalu Lintas
Artikulli tjetërPemda Sumbawa Perkuat Pencegahan Gizi Buruk

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini