Beranda Pemerintahan

Hasil Produksi Garam Kabupaten Sumbawa Enam Ribu Ton Per Tahunnya

50
0

Sumbawa Besar, Gema-news.com – Kabupaten Sumbawa dapat memproduksi garam beryodium sebanyak 4 ribu hingga 6 ribu ton selam satu tahun.

Demikian diungkapkan Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Sumbawa Rahmat Hidayat kepada wartawan, Selasa (8/7/23). Dikatakan, kelompok usaha garam rakyat (Kugar) di Sumbawa, terus dikembangkan dengan hasil produksi garam rakyat mencapai 4.000 – 6.000 ton pertahun.

“Dengan luas lahan potensial yang dimanfaatkan hingga saat ini mencapai sekitar 339,49 Ha, dengan jumlah 210 petambak,” ujarnya.

Adapun kelompok usaha petani garam yang berjalan dengan hasil produksi dihasilkan setiap tahunnya diantaranya di lokasi Desa Labuhan Bontong, Kecamatan Tarano, dengan luas lahan potensial 700 Ha dan telah dimanfaatkan seluas 224,7 Ha dengan hasil produksi garam mencapai 3.000 – 5.000 ton pertahunnya.

“Kemudian di Desa Labuhan Kuris, Kecamatan Lape, dengan luas potensi lahan 550 Ha yang dimanfaatkan 28 Ha dengan hasil produksi 150 – 400 ton pertahun,” tambahnya.

Selanjutnya, Desa Labuhan Bajo, Kecamatan Utan , potensi lahan seluas 50 Ha yang dimanfaatkan 6,79 Ha dengan total produksi 90 – 200 ton pertahun. Desa Sepayung, Kecamatan Plampang memiliki potensi lahan Seluas 320 Ha yang dimanfaatkan 80 Ha dengan hasil produksi 1.500 ton pertahun.

“Aktivitas perikanan dan kelautan, baik itu kegiatan budidaya, penangkapan dan pengolahan serta pemasaran hasil perikanan memperlihatkan perkembangan yang cukup menggembirakan dalam menumbuhkan semangat wirausaha masyarakat,” jelasnya.

Menurutnya, pertumbuhan kelompok-kelompok pembudidaya, penangkapan dan pengolahan serta pemasaran hasil perikanan perlu diperkuat dengan kelembagaan yang baik untuk menjamin keberlangsungan dan kemandirian kelompok. Sehingga kelembagaan kelompok kelautan dan Perikanan dapat menjadi kelompok wirausaha yang mandiri. (GM)

Artikulli paraprakMenteri Perdagangan Kunjungi Pasar Seketeng
Artikulli tjetërHengkang Dari Nasdem, Boris Berlabuh Di Perindo

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini