Beranda Politik

Kesbapol Sudah Proses Semua Anggaran Parpol DPRD Sumbawa

51
0

Sumbawa Besar, Gema-new.com – Pemda Sumbawa sempat menunda pencairan anggaran bagi partai politik tahun ini. Karena keterlambatan penyampaian pertanggungjawaban penggunaan dana oleh masing-masing partai politik. Serta karena ada temuan dari BPK terkait penggunaannya.

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik, Rosmin Junaidi mengatakan, pada tanggal 31 Desember tahun berjalan, partai politik sudah harus menyampaikan laporan penggunaan anggarannya. Sebelumnya, pencairan sempat ditunda karena ada temuan dari BPK terkait keterlambatan laporan. Selain itu juga ada temuan terkait penggunaan anggaran yang tidak sesuai.

Dicontohkan, seperti biaya transportasi ke lokasi sasaran. Jika menggunakan kendaraan pribadi, harus dilengkapi bukti pembelian bahan bakar. Jika menggunakan mobil pinjaman, harus ada kwitansi bukti penyewaan.

“Hal inilah yang kebanyakan tidak dilengkapi oleh parpol. Sehingga menjadi temuan,” ujarnya kepada wartawan, Jum’at (21/7/23).

Meski demikian, saat ini pencairan  anggaran partai politik sudah diproses semua. Tinggal anggaran untuk dua parpol yang belum cair. Karena masih menunggu laporan realisasi anggaran dari partai tersebut.

Dia menegaskan, pencairan anggaran baru bisa dilakukan setelah ada rekomendasi dari BPK. Setelah pertanggungjawaban anggaran partai  politik diserahkan, barulah dananya bisa dicairkan. Adapun anggaran bagi partai politik tahun ini sekitar Rp 2 miliar lebih. (GM)

Artikulli paraprakKabupaten Sumbawa Raih Penganugerahan KLA 2023
Artikulli tjetërKadis KUKM Indag Sumbawa Ajak Masyarakat Jadi Pelaku Usaha Produktif

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini