Beranda Berita Lokal

Pemda Sumbawa Lakukan Pembersihan Pasca Banjir Lunyuk

68
0

Sumbawa Besar, Gema-news.com – Bencana banjir bandang melanda lima desa di Kecamatan Lunyuk, pada Jum’at (7/7/23) lalu. Pasca kejadian ini, Pemkab Sumbawa melalui Badan Penanggulan Bencana Daerah (BPBD) sudah melakukan sejumlah penanganan. Termasuk melakukan pembersihan pasca banjir.

“Pembersihan sudah kami lakukan pasca banjir, terutama di daerah rawan seperti Desa Emang Lestari kita lakukan pembersihan sampah-sampah di lokasi tersbeut dan menggunakan alat berat. Penanganan cepat dan penanganan darurat harus dilakukan untuk mencegah terjadi penyakit,” ungkap Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Sumbawa melalui Kabid Logistik dan Kedaruratan, Rusdianto AR kepada wartawan Selasa (11/7).

Selain itu, tambah Rusdianto, BPBD Sumbawa juga telah melakukan asesmen untuk melakukan pemeriksaan infrastruktur yang turut terdampak akibat banjir.

“Asesmen di lima desa yang terkena banjir yaitu Desa Emang Lestari, Sukamaju, Padasuka, Perung, dan Jamu. Kita melakukan krsocek terhadap infrastruktur di daerah tersebut, akibat kerusakan infrastruktur akibat banjir. Selain itu, kami juga menyalurkan air bersih selama tiga hari ini di lokasi yang membutuhkan,” terangnya.

Adapun pihaknya saat ini tengah melaksanakan pengumpulan data dan verifikasi data terkait pengairan, jalan, drainase dan jalan usaha tani yang terkena banjir.

“Hal ini agar penanganan untuk segera dilakukan di lokasi tersebut. Ada juga embung jebol di Sukamaju, dan  jalan putus penghubung antar desa di Lunyuk Ode. Penanganannya nanti untuk dilakukan percepatan, karena ini jalan transpotasi antar dusun juga,” pungkasnya.

Seperti diberitakan, hujan deras yang melanda Kecamatan Lunyuk pada Jum’at, 7 Juli 2023 menyebabkan banjir bandang yang menerjang lima desa. Yakni Desa Emang Lestari, Desa Sukamaju, Desa Perung, Desa Lunyuk Ode dan Desa Pada Suka. Banjir merendam ratusan rumah dengan ketinggian genangan air sekitar 30 sentimeter sampai dengan 1,5 meter yang merendam 1.317 rumah warga setempat. (GM)

Artikulli paraprakBupati Sumbawa Ingatkan ASN Jaga Netralitas di Tahun Politik
Artikulli tjetërPemda Sumbawa Upayakan Peningkatan Sarpras di Dinas Damkar

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini