Beranda Pemerintahan

Pemda Sumbawa Panen Raya Bawang Merah

120
0

Sumbawa Besar, Gema-news.com –  Wakil Bupati Sumbawa, Hj Dewi Noviany bersama Kadis Pertanian Sumbawa, Ir Nyoman berkesempatan melaksanakan panen raya bawang merah di Desa Serading, Kecamatan Moyo Hilir, Kabupaten Sumbawa, Selasa (27/6/23).

Turut hadir pada panen kali ini, Kepala Desa Serading, Babinsa, Bhabinkamtibmas Moyo Hilir, jajaran Dinas Pertanian dan masyarakat setempat.

“Alhamdulillah, saya bersama kadis pertanian melakukan panen raya bawang merah hasil pertanian program Upland di Desa Serading Orong Atas di lahan seluas 2 hektar dengan hasil perhektar mencapai 20 ton,” ujar wabup.

Dari lahan seluas 2 hektar ini lanjut Wabup, hasil bawang nya melimpah dan besar besar, 2 hektar ada 40 ton hasilnya dan harga bawang sekarang 25 ribu perkilogram.

“Ada 40 ton hasilnya dari lahan 2 hektar. Sekarang harga bawang merah 25 ribu perkilo bila dikalikan 40 ton hasilnya ratusan juta. Itulah hasil manfaat yang didapat oleh petani bawang kita,” jelas wabup.

Adapun dari keterangan pemilik lahan kata Wabup, modalnya dari bibit hingga perawatan dan semuanya memang besar mencapai 200 juta namun hasilnya selama 2 bulan atau 65 hari menjadi 600 juta bahkan lebih dan ini sungguh luar biasa.

Daripada petani menanam komoditi lain seperti jagung, kacang hijau atau tanaman palawija lainnya lebih baik beralih menanam bawang merah, hasilnya dapat mendaftar haji, pergi umroh dan juga dapat menyekolahkan putra putrinya.

“Atas nama pemerintah kabupaten Sumbawa, kami mengucapkan terima kasih dengan adanya program Upland ini. Semoga program ini akan terus berlanjut hingga kabupaten sumbawa menjadi pusat atau sentra bawang merah di Indonesia,” tegas wabup. (GM)

Artikulli paraprakAda 845 Hektar Area Pertanian  di Sumbawa Terima Program Upland Kementan
Artikulli tjetërBupati Tekankan Gunakan Pendekatan Konprehensif dalam Tangani Peredaran Narkoba di Sumbawa

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini