Beranda Pemerintahan

Wabup Nilai Certutu Temanggung Bisa Jadi Contoh Bagi UMKM Sumbawa

25
0

Sumbawa Besar, Gema-news.com – Wakil Bupati Sumbawa dan rombongan, berkunjung ke PR Rizona Baru, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah. Wabup dan robongan menyaksikan keberhasilan yang luar biasa di dunia UMKM.

“Dengan kunjungan ke lokasi pembuatan cerutu, di Temanggung, kami mendapatkan kesempatan langka untuk melihat secara langsung proses pembuatan cerutu, sebuah produk yang telah mendunia,” kata Wabup Sumbawa, Hj. Dewi Noviani, Kamis (26/10/2023).

Wakil Bupati Sumbawa, Hj. Dewi Noviani,  menjelaskan kekagumannya terhadap kualitas cerutu ini. “Produk yang luar biasa. Walaupun kebanyakan proses pembuatannya handmade, tapi kualitasnya sangat terjaga. Tak heran cerutu ini sangat digemari di luar negeri,” kata wabup.

Wabup menyampaikan keyakinannya bahwa UMKM di Sumbawa dapat mencapai kesuksesan serupa. “Dengan menjaga kualitas dan pengemasannya, maka produk-produk UMKM kita juga bisa menembus pasar luar negeri. Inshaa Allah,” tambahnya.

Wakil Bupati menekankan pentingnya belajar dari yang sudah ahli, seperti di Kabupaten Temanggung, yang telah sukses dalam pembuatan cerutu. Ia juga berbicara tentang perlunya pelatihan kelompok tembakau yang bertujuan meningkatkan kualitas tembakau.

Untuk mendukung pelaku UMKM, wabup mengingatkan tentang pentingnya pendampingan oleh Penyuluh Pertanian dari dinas pertanian, sehingga masalah yang mungkin muncul dapat segera diatasi dan solusi dapat ditemukan dengan cepat.

Dalam rangka memahami potensi sumber daya alam yang luar biasa di daerah ini, Dewi Noviani mengingatkan pentingnya kerja keras dan tekad yang kuat.

“Dengan contoh sukses Cerutu Temanggung, semoga hal ini dapat menjadi inspirasi bagi pengusaha lokal untuk mengembangkan UMKM mereka dan meraih kesuksesan di pasar global,” imbuhnya. (GM)

Artikulli paraprakSumbawa Raih Tiga Penghargaan IHYA Award 2023
Artikulli tjetërBupati Sumbawa Terima Anugerah Kebudayaan dari Kemendikbudristek

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini