Beranda Pemerintahan

Wabup Sumbawa Dorong Dinas Pertanian Kembangkan Potensi Tembakau

17
0

Sumbawa Besar, Gema-news.com – Wakil Bupati Sumbawa, Hj Dewi Noviani, mendorong agar Dinas Pertanian mempertimbangkan untuk melakukan pengembangan potensi tembakau di berbagai lokasi di Kabupaten Sumbawa.

“Informasi yang saya terima mengindikasikan bahwa lahan tembakau cukup luas, dengan sekitar 150 hektar di bawah binaan Koperasi Virginia yang mendukung industri kretek. Namun, petani di luar koperasi juga tersebar di berbagai wilayah, seperti Buer, Alas, hingga Alas Barat,” kata wabup, Rabu (1/11/2023).

Menurut wabup, adanya lahan tembakau yang cukup luas di Tarano, khususnya di Tolo Oi, yang mencapai 220 hektar. Hal ini menunjukkan potensi yang besar untuk pengembangan industri tembakau di Sumbawa.

Wabup menjelaskan bahwa tembakau dapat ditanam mulai dari dataran rendah hingga dataran tinggi dengan kisaran ketinggian tertentu. Namun, keberhasilan pertanian tembakau juga sangat dipengaruhi oleh jenis tanah dan iklim mikro di masing-masing lokasi.

Dengan dukungan dari pemerintah dan masyarakat yang serius dan kreatif, Sumbawa memiliki peluang besar untuk mengembangkan UMKM tembakau.

“Salah satu aset besar Sumbawa adalah lahan yang luas dan kondisi iklim yang mendukung pertanian tembakau,” katanya.

Ia mencontohkan, agar UMKM tembakau di Sumbawa dapat meniru kesuksesan UMKM cerutu di Temanggung, Jawa Tengah.

Ia meyakinkan bahwa Sumbawa memiliki potensi yang tak kalah dengan daerah lain, dan faktor utama kesuksesan terletak pada keseriusan dan kreativitas masyarakat setempat.

“Semoga langkah-langkah ini akan membantu mendorong pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat Sumbawa,” pungkasnya. (GM)

Artikulli paraprakPembangunan Ruas Jalan Lenangguar – Teladan Mulai Disosialisasikan
Artikulli tjetërKembangkan Sektor Perikanan, Kelompok Nelayan di Sumbawa Diberikan Bantuan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini