Beranda Berita Lokal

Terkait Program Upland, Kadis Pertanian : Ada Peningkatan Ekonomi Bagi Petani Bawang

74
0

Sumbawa Besar, GemaNews – Kadis Pertanian Kabupaten Sumbawa, Ir. Ni Wayan Rusmayani, M. Si, mengklaim bahwa program Upland sukses mensejahterakan petani Bawang.

” Berkat program Upland ini, ekonomi para petani bawang kita meningkat,”. Ujarnya, Kamis (08/09)

Peningkatan ekonomi para kelompok tani tersebut, tidak terlepas dari usaha dan pembinaan-pembinaan teknis yang dilakukan oleh tim dari dinas pertanian.

Sejak dimulainya program Upland ini, pihaknya terus mengawasi dan membina para kelompok tani untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Dan hal itu tebukti dengan hasil panen perdana petani bawang yang mencapai 10 hingga 12 ton per hektar.

” Itu merupakan prestasi yang luar biasa bagi petani dan kami. Petani baru mencoba menanam bawang tapi hasilnya sudah sangat maksimal,” tukasnya

https://gema-news.com/2022/09/08/tolak-kenaikan-bbm-ratusan-mahasiswa-gelar-unjuk-rasa/

Yang lebih menarik lagi bahwa, setalah dirinya bersama dengan tim dari Dinas Pertanian turun kelapangan. Ditemukan fakta bahwa, dari hasil panen bawang banyak petani yang sudah bisa membeli kendaraan roda 4 serta ada yang menjadi pedagang bawang di pasar.

Selain itu, Wayan juga menerangkan Bahwa, berdasarkan hasil pengamatan di lapangan, dari 38 kelompok penerima bantuan Upland 90 persen sudah melakukan panen perdananya. Bahkan ada yang sudah melakukan penanaman kembali tanpa adanya bantuan dari pemerintah. Terangnya

Beberapa kelompok tersebut, selain ditunjang oleh sarana produksi juga ditunjang oleh sarana insfratruktur, baik berupa bantuan sumur dangkal, sumur dalam, perpipaan serta didukung juga dengan adanya bantuan alat dan mesin pertanian berupa Handtracktor dan handsprayer. Tutupnya

Dengan adanya program upland yang berkesinambungan, dia berharap agar petani yang biasa sekali dalam setahun, nantinya bisa menanam 2 hingga 3 kali dalam setahun. Hal itu mengingat tentang waktu dari penanaman bawang itu sendiri hanya 2 bulan saja. Tutupnya (GM)

Artikulli paraprakTolak Kenaikan BBM, Ratusan Mahasiswa Gelar Unjuk Rasa
Artikulli tjetërRumah Diterjang Puting Beliung, Satu Keluarga Tinggal Dibawah Tenda

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini