Beranda Uncategorized

Pemda Sumbawa Gelar Rakor Percepatan Penuntasan Kemiskinan Ekstrem di Kabupaten Sumbawa

34
0

Sumbawa Besar, Gema-news.com – Pemerintah Daerah Kabupaten Sumbawa Menggelar Rapat Koordinasi Bertajuk Percepatan Penuntasan Kemiskinan Ekstrem di Kabupaten Sumbawa Bertempat di Aula H.Madilaoe ADT lantai III Kantor Bupati Sumbawa Kamis 10 Agustus 2023.

Dalam sambutannya Bupati Sumbawa yang disampaikan melalui Asisten 2 Lalu Sudarmaji Kartawikaya,ST Meyebutkan, terkait masalah kemiskinan kita tidak bisa bekerja sendiri, oleh karena itu dari semua aspek harus kita lakukan gotong royong, dengan harus berjibaku bersama.

Sebagaimana kita ketahui bahwa pemerintah pusat telah menargetkan bahwa kemiskinan ekstrem harus tuntas di tahun 2024, dan tentu upaya Ini membutuhkan sinergi dan kerjasama dari semua pihak untuk mewujudkannya.

Di katakan bahwa saat ini angka kemiskinan di Kabupaten Sumbawa 13,5% atau 64.730 jiwa dan angka kemiskinan ekstrem sebesar 3,2% atau sebesar lebih kurang 15.000 jiwa yang tersebar di seluruh wilayah Kabupaten Sumbawa terangnya.

Pemerintah pusat melalui Instruksi Presiden Nomor 4 Tahun 2022 tentang percepatan penghapusan kemiskinan ekstrem telah menugaskan kepada semua daerah untuk menetapkan data sasaran keluarga miskin ekstrem berdasarkan hasil musyawarah Desa/Kelurahan yang dibuktikan dengan berita acara musyawarah Desa/ Kelurahan, serta menyusun program dan kegiatan dalam rangka percepatan penghapusan kemiskinan ekstrem, inilah tujuan dari rakor ini karena tahun 2024 tinggal kita menghitung hari, bagi Kepala Desa yang belum melakukan musdes harus segera karena kita juga diminta data ini harus segera oleh pemerintah pusat. Saat ini sudah banyak program dan kegiatan yang kita laksanakan dalam upaya kita menurunkan angka kemiskinan, setidaknya pada tahun 2023 ini tersebar di 15 OPD, dengan 23 program, 54 kegiatan dan 134 sub kegiatan belum lagi kegiatan yang dilaksanakan oleh Desa, Ormas,NGO, dan swasta.

Semua upaya yang kita lakukan tidak akan bisa berdampak signifikan pada penurunan angka kemiskinan bila setiap program dan kegiatan yang dilaksanakan tidak tepat sasaran, oleh karena itu pada kesempatan ini saya ingin menegaskan kepada kita semua bahwa proses verifikasi dan validasi data sasaran keluarga miskin khususnya miskin ekstrem sangat penting untuk kita selesaikan segera, mengingat waktu penyelesaian target penuntasan kemiskinan ekstrem tinggal setahun lagi, ini membutuhkan kerjasama dan kerja keras kita bila proses verifikasi dan validasi data sudah kita tuntaskan maka kita bisa menentukan strategi percepatan dan sasaran program dan kegiatan dengan lebih presisi. Data yang sudah valid ini nantinya harus menjadi acuan semua pihak untuk menentukan sasaran program dan kegiatan, sehingga efektivitas pelaksanaan program bisa terjamin dan tepat sasaran.

Di samping itu data yang valid dapat membantu para pemangku kepentingan di semua tingkatan untuk menentukan langkah-langkah strategis yang tepat dalam upaya penanggulangan kemiskinan ekstrem, serta dapat mengurangi resiko dan mencegah terjadinya kesalahan dalam penyaluran bantuan. Sebelum saya tutup saya ingin menyampaikan bahwa kemarin kami juga menerima surat dari PLN ini juga merupakan salah satu upaya dari pemerintah pusat untuk diminta kepada desa-desa yang belum berlistrik termasuk data warganya, fasilitas sosial yang ada untuk kita tugaskan karena ini salah satu upaya kita untuk menuntaskan ke kemiskinan. Pesan dari Bapak Bupati bahwa bulan ini adalah bulan kemerdekaan untuk itu marilah kita rayakan dengan penuh semangat meriah tapi sederhana, ini yang harus dicermati meriah tapi sederhana dengan melaksanakan lomba-lomba yang tepat untuk menginspirasi masyarakat, di samping itu untuk mengingatkan kita bahwa menjaga keutuhan NKRI sangatlah penting.

Berdasarkan data dari BMKG bahwa Kabupaten semua telah terdampak kekeringan, oleh karena itu Asisten 2 berharap kepada Camat/Kepala Desa untuk segera memberikan kami data yang sejelas-jelasnya daerah mana yang harus membutuhkan air bersih. Diakhir sambutnnya Asisten berharap kepada masyarakat dalam rangka menyambut pesta Demokrasi tahun 2024 untuk selalu menjaga kondusifitas wilayah, tidak perlu ribut – ribut kita bisa karena kita bisa bersama.,”tutupnya. (GM)

Artikulli paraprakRatusan UMKM Ramaikan Festival Qasidah 2023
Artikulli tjetërTutup Pelatihan LLK, Bupati : Program Ini Bagus Untuk Melatih Kemampuan dan Skil anak-anak kita.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini