Beranda Uncategorized

Berada di Urutan ke- 4, Dinas Pertanian Sumbawa Siap Tingkatkan Produksi Bawang Merah 

58
0

Sumbawa Besar, gema-news.com – Kabupaten Sumbawa berada di urutan ke- 4 dalam produksi bawang merah. Peningkatan hasil produksi bawang tersebut, tidak terlepas dari upaya Pemda Sumbawa dalam membina dan mendampingi petani bawang merah melalui program upland.

” Kabupaten Sumbawa menempati posisi ke- 4 untuk produksi bawang merah,” Kata Kadis Pertanian, Ir. Ni Wayan Rusmawati, M. Si, dalam sambutannya di acara Pelatihan Pengembangan Bisnis Usaha Tani Program Upland di hotel Grand Samawa, Jum’at (29/09).

Dikatakannya, tujuan dari kegiatan ini adalah agar petani bawang merah tergabung dalam petani Program Upland ini bisa lebih fokus mengembangkan komoditi bawang merah ke depannya, sehingga kita tetap dapat mempertahankan Kabupaten Sumbawa yang merupakan salah satu kabupaten yang luas area tanamnya cukup luas dan mendapat peringkat ke-4 dari peringkat 5 tahun lalu dalam produksi bawang merah.

Dalam hal penanaman atau pengembangan budidaya bawang merah ini, harus ramah lingkungan. Sedapat mungkin menggunakan pupuk organik atau pestisida nabati jangan menggunakan pupuk kimia atau zat kimia lainnya sehingga bawang yang dikonsumsi tentu akan menjadi lebih sehat.

” Saya menyarankan agar para petani bawang merah tidak menggunakan pupuk yang mengandung zat kimia. Lebih baik menggunakan pupuk organi dan ramah lingkungan,” Ujar kadis

Dia berharapkan agar petani bawang merahvdapat memanfaatkan dana microfinan yang nantinya bisa kita tarik dari bantuan hibah melalui bank yang telah melakukan kerjasama yaitu dengan BPR NTB sehingga petani dapat memanfaatkan dana tersebut dengan bunga yang sederhana yaitu 4% sehingga petani bisa terbantu baik di dalam melakukan budidaya maupun di dalam meningkatkan korporasi mereka di dalam mengembangkan bawang merah kedepannya. Tutupnya (GM)

Artikulli paraprakKaya Akan Budaya, Kabupaten Sumbawa Diusulkan Terima Anugerah Kebudayaan Indonesia 2023
Artikulli tjetërDislutkan Sumbawa Bantu Petani Garam Ciptakan Sentra Ekonomi Garam 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini