Beranda Pemerintahan

Krisis Air Bersih, BPBD Sumbawa Distribusikan Air Bersih di 41 Desa

63
0

Sumbawa Besar, gema-news.com – Puluhan Desa di 16 kecamatan mengalami krisis air bersih yang diakibatkan musim kemarau yang berkepanjangan.

Terhadap hal ini, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat menurunkan 6 armada untuk penyaluran air bersih di 41 desa dari 16 kecamatan yang mengalami krisis air bersih tersebut.

Kabid Kedaruratan dan Logistik, Rusdianto mengatakan, pihaknya hingga saat ini masih melakukan penyaluran air bersih kepada warga yang terdampak musim kemarau. Kegiatan pendistribusian dilakukan secara rutin dan terjadwal setelah mendapatkan uji kajian lapangan dari Tim Inspektorat dan BPBD Kabupaten Sumbawa.

“Sudah 3 hari kami turun distribusi air bersih bagi warga terdampak kekeringan,” ujarnya.

Meski demikian lanjutnya, pendistribusian air bersih akan tetap dilakukan sesuai perkembangan situasi dan kondisi di lapangan, atau sesuai permintaan setiap kepala desa terdampak kekeringan.

“Distribusi air bersih dilakukan sesuai permintaan kepala desa masing-masing yang diajukan kepada Bupati Sumbawa,” sebutnya.

Salah seorang warga terdampak kekeringan di Desa Kukin Kecamatan Moyo Utara Saleha mengatakan, bantuan air bersih sangat membantu selama musim kemarau.

Ia biasanya membeli air bersih dengan galon per hari sebesar Rp. 5.000. “Kami berharap bantuan air bersih ini tetap berlansung hingga beberapa bulan kedepan sampai air sumur kami ada,” kata Saleha.

Berdasarkan data BPBD kecamatan yang mengalami krisis air bersih di Kabupaten Sumbawa untuk Zona Wilayah Barat meliputi, Kecamatan Alas Barat, Alas, Buer dan Utan.

Wilayah Tengah meliputi, Moyo Utara, Moyo Hulu, Moyo hilir, Sumbawa, Untir lwes dan Batu Lanteh.

Wilayah Timur, terdiri dari Kecamatan Lape, Lopok, Maronge, Plampang, Empang dan Tarano. (GM)

Artikulli paraprakPermudah Pelaku Usaha Dapatkan Sertifikasi Halal, Pemda Sumbawa Siapkan Ruang Kerja Pusat Halal
Artikulli tjetërMenangkan Anis-Cak Imin, Tiga Partai koalisi Tingkat Daerah Lakukan Konslidasi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini