Beranda Pemerintahan

Wabup Sumbawa Nilai Raja Kepe Fair Upaya Pelestarian Budaya Lokal 

36
0

Sumbawa Besar, Gema-news.com – Wakil Bupati Sumbawa, Hj. Dewi Noviani, menilai kegiatan “Raja Kepe Fair” yang di gelar oleh Pemerintahan Desa Lamenta merupakan salah satu bentuk upaya pelestarian budaya lokal.

Kegiatan itu akan dilaksanakan di lapangan Adat Desa Lamenta, Kecamatan Empang, pada Sabtu 15 September 2023.

Wakil Bupati Sumbawa Hj. Dewi Noviani, mengapresiasi kegiatan tersebut sebagai upaya masyarakat desa mengembangkan pariwisata dan melestarikan budaya lokal.

“Yg pertama, dengan kegiatan seperti ini yang digagas oleh pemdes setempat, kita akan mengingat pejuang kita yang berasal dari Empang, yakni Raja Kepe,” kata Wabup Dewi Noviani,” Jumat (15/09).

Kemudian yang kedua, kata wabup, ini adalah cara warga untuk melestarikan budaya lokal. Mencintai produk lokal melalui UMKM.

“Dengan adanya kegiatan yang diinisiasi salah satunya oleh Mahasiswa KKL UNSA, kita bisa lestarikan budaya lokal. Kita juga mencintai produk lokal yang diproduksi oleh UMKM kita yg dibina oleh anak anak KKN yaitu pembinaan masyarakat, tim Penggerak PKK di desa,” ungkapnya.

Produk yang dibina oleh anak anak KKN bisa berkelanjutan, tidak hanya saat adanya kegiatan fair ini, akan tetapi bisa berkelanjutan dimasa yang akan datang.

“Untuk digitalisasi UMKM kita sudah soialisasikan dengan literasi non tunai untuk sistim bayarnya. Karena semua UMKM yang modern sudah melaksanakan pembayaran dengan non tunai,” pungkas wabup.

“Kegiatan Raja Kepe Fair 2023 ini mengambil tema Digitalisasi UMKM untuk Sumbawa Gemilang dan Berkeadaban” bekerjasama dengan Pemda Sumbawa, BNI, UNSA, Kampus Merdeka, Perumdam Batu Lanteh, Darma Sumbawa, ujar Kepala Desa Lamenta, H. Sirajuddin.

Dikatakan, adapun agenda dari Raja Kepe Fair 2023 diantaranya, Roadshow Halal, Pameran UMKM, Pameran Potensi Desa, Pentas Seni, Talkshow UMKM, Pasar Murah, Pembentukan Forum UMKM dan Penarikan KKL. (GM)

Artikulli paraprakBuka Literasi Keuangan Non Tunai, Wabup : Masyarakat Sumbawa Harus Mengadopsi Teknologi Keuangan yang Lebih Modern
Artikulli tjetërPembangunan RSUD Sumbawa Berlanjut, 25,5 Miliar Disetejui

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini