Beranda Uncategorized

Rawan Banjir, BPBD Sumbawa Himbau Jaga Lingkungan

58
0

Sumbawa Besar, Gema-news.com – Pemkab Sumbawa melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) mengajak masyarakat agar selalu membersihkan saluran air atau drainase di lingkungan masing-masing. Hal ini dilakukan guna mengantisipasi luapan air ke pemukiman bahkan hingga terjadinya banjir.

“Untuk mengantisipasi banjir, masyarakat kita dorong untuk menjaga kebersihan lingkungannya bersama-sama terutama pembersihan drainase,” ujar Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sumbawa melalui Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik, Rusdianto AR kepada wartawan, Selasa (25/10).

Diakuinya, Kabupaten Sumbawa memiliki daerah rawan banjir saat musim penghujan. Sehingga sebelum intesitas hujan semakin tinggi, maka upaya antisipasi harus segera dilakukan. Salah satunya dengan pembersihan saluran air tersebut.

“Masyarakat harus mengaktifkan drainase mana yang terjadi penyumbatan. Memang itu dampak paling besar karena tumpukan batu dan sedimentasi. Sehingga harus dibersihkan bersama, minimal di wilayah masing-masing,” tambahnya.

Rusdianto mengungkapkan, pihaknya juga rutin melakukan koordinasi dengan BMKG terkait informasi terkini. Untuk selanjutnya akan disampaikan kepada masyarakat.

“Kalau terjadi hujan berkepanjangan, ya harus melihat BMKG dan juga harus mengantisipasi menginformasikan kepada masyarakat. Terutama daerah hilirnya ini apalagi kalau hujan nya di hulu. Jadi kita harus membaca peta rawan bencana,” pungkasnya (GM)

Artikulli paraprakDinas PUPR Nyatakan Proyek HAMP dan ALS Rampung 100 Persen
Artikulli tjetërPanwascam Resmi Dilantik, Bupati : Jaga Integritas dan Profesionalitas

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini