Beranda Berita Lokal

Waspada DBD, Masyarakat Diminta Jaga Kebersihan Lingkungan

66
0

Sumbawa Besar, Gema-news.com – Memasuki musim penghujan kerap diikuti dengan munjuculnya berbagai penyakit menular. Salah satunya yakni Demam Berdarah Dangue (DBD) yang ditularkan oleh nyamuk Aedes Aegypti.

Sebagai upaya pencegahan DBD, Pemda Sumbawa melalui Dinas Kesehatan (Dikes) telah menerbitkan Surat Edaran Bupati yang diditujukan kepada seluruh camatan untuk diteruskan kepada kepala desa agar disampaikan kepada masyarakat.

“Sejak Oktober kita sudah mengelurkan SE bupati disampaikan kepada camat untuk seteruskan disampaikan kepada desa kemudian kepada seluruh masyarakat terkait upaya pencegahan DBD,” kata Kepala Dinas Kesehatan (Dikes) Kabupaten Sumbawa Junaedi, S.Si., A.Pd., M.Si., kepada wartawan, Selasa (29/11/2022) kemarin di Gedung DPRD Sumbawa.

Ia menyebutkan, untuk mencegah DBD ini dibutuhkan kesadaran masyarakat. Dimanya, secara sadar melakukan upaya pencegahan dengan cara menjaga kebersihan lingkuhan sekitar tempat tinggalnya masing-masing.

“Himbauan kami adalah merilah kita melakukan pemberantasan sarang nyamuk melalui gerakan 3M (Menguran, Menutup dan Mengubur) benda yang menjadi sarang nyamuk. Karena ini yang dianggap efektif. Kalau foging hanya membunuh nyamuk dewas tidak jentiknya. Intinya kita mari menjaga kebersihan lingkungan tempat tinggal,” imbaunya.

Terkait kasus tambahnya, pihaknya masih melakukan pendataan. Namun yang jelas, kasus DBD telah ditemukan di beberapa kecamatan. “Ini sudah ada beberapa kecamatan sudah ada kasus, dan hari ini saya diinformasi dari Puskesamas Lenangguar ada penambahan kasus, sebelumnya 3 kasus menjadi 5 kasus. Saya belum pantau data di wilayah lain,” pungkasnya. (GM*)

Artikulli paraprakSumbawa Segera Bantuk Satgas Perlindungan PMI
Artikulli tjetër951 Pelamar PPPK Kesehatan Penuhi Syarat Seleksi Administrasi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini