Beranda Pemerintahan

Dinas Pertanian Sumbawa Godok Revisi Perda Penyertaan Modal Pembiayaan Pemasaran Upland

34
0

Sumbawa Besar, Gema-news.com – Dinas Pertanian Kabupaten Sumbawa tengah menggodok revisi perda penyertaan modal untuk program Upland. Pasalnya dalam pelayaluran penyertaan modal harus melalui perbankan yang ditunjuk oleh pemerintah.

Kepala Dinas Pertanian Sumbawa, Ni Wayan Rusmawati, menyebutkan, dalam program upland, bantuan yang diterima mulai dari hulu sampai hilir. Untuk membantu pemasaran petani bawang, sudah dibentuk badan usaha milik petani. Nanti akan dibantu anggaran melalui micro finance. Terangnya

Ia mengungkapkan, untuk penyaluran, pemda harus bekerjasama dengan bank daerah. Sehingga harus ada Perda penyertaan modal yang didalamnya ada pasal yang terkait dengan bantuan micro finance kepada kelompok petani upland bawang merah.

“Uangnya nanti, akan menjadi penyertaan modal di bank daerah. Kemudian petani upland sebanyak 1.283 orang itu, berhak untuk meminjam dengan prosedur bank, bunga sama dengan KUR itu 6 persen. Dana yang bisa masuk totalnya sebesar Rp 3,2 milliar. Inilah dana yang akan dikelolah oleh bank yang ditunjuk oleh pemda,” jelas dia.

Disebutkan, penerapan bantuan tersebut, tergantung dari pengesahan Perda. Jika revisi dapat dilakukan pengesahan tahun ini, maka bantuan sebesar Rp 1 milliar dapat disalurkan segera. Dan bantuan sekitar Rp 2,2 milliar disalurkan untuk tahun 2024.

“Ini tergantung perdanya. Kalua sekarang masuk dalam revisi perda, maka tahun ini juga bisa dipinjam oleh petani dalam upland. Diluar itu tidak boleh. Sekarang kan Rp 1 milliar yang ada, artinya tahun depan yang Rp 2,2 milliar,” jelasnya.

Disebutkan, usulan revisi tersebut telah dikomonukasikan dan dikonsultasikan dengan DPRD Sumbawa. “Kami sudah kami rapat dengan dewan. Kami diminta untuk segera menggodok ditingkat eksekutif untuk menyelesaikan revisi perda dalam pasal yang ditambahkan. Setelah itu, baru diserahkan Kembali ke DPRD untuk dibahas,” tuturnya. (GM)

Artikulli paraprakDinas Pertanian Sumbawa Pastikan Program Fisik Rampung Di Bulan Oktober
Artikulli tjetërDinilai Rawan Bencana, Dinas Sosial bersama TAGANA Gelar Sosialisasi dan Mitigasi Bencana Di Karang Dima

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini